Jakarta, 4/11/2020 (UAINews) – Virtual Class dengan tema “Perkembangan Podcast Sebagai Media Baru Bagi Youngsters” yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Azhar Indonesia bersama Wardah pada jum’at pagi. Memfokuskan pembicaraan mengenai perkembangan teknologi digital saat ini yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang.
Berkembangnya teknologi digital membuat orang melakukan sebagian aktifitasnya dalam mencari informasi ataupun hiburan berpindah ke media online. Sebagian besar orang mencari berita melalui platform media online seperti detik.com, kompas, dll. Keterbatasan waktu dalam mencari informasi menjadi pendorong banyak orang berpindah ke media online. Dengan berkembangnya teknologi digital saat ini dapat menjadi peluang bagi semua orang.
Podcast merupakan media penyiaran yang sedang banyak disukai oleh masyarakat khususnya kalangan milenial. Terdapat beragam tema yang dihadirkan, sehingga pendengar dapat memilih tema apa yang ingin mereka dengar. Podcast bisa dikatakan sebagai langkah awal untuk menuangkan kreatifitas seseorang. Di era digital ini sulit untuk mendapatkan pendengar, karena konsumen lebih memilih untuk mencari informasi atau hiburan ketika mereka membutuhkannya, kata Adi Prasetya, Deputy Editor in Chief Berita Satu TV.
Konsumen akan mencari informasi dan hiburan yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya dan mencari yang dapat dibaca atau diputar berkali-kali sehingga konsumen dapat melihatnya kapan saja dan dimana saja. Kecenderungan konsumen ini membuat media dituntut untuk lebih inovatif dalam menarik konsumen. Podcast merupakan sarana yang dapat digunakan oleh semua orang. Semua orang dapat menjadi konten creator melalui media online seperti YouTube, Instagram, TikTok, Podcast, dsb.
Ada beberapa aspek yang dapat menarik konsumen menurut Adi yaitu konten yang disajikan harus menarik, yang dibutuhkan oleh konsumen, dan dapat menyentuh sisi emosionalnya. Walaupun bersifat bebas, tidak semuanya dapat dijadikan tema dalam pembicaraan.
Semua harus didasarkan dengan kode etik dan UU ITE, sebuah konten memiliki dampak bagi konsumennya, ucap Citra Dyah Prastuti, Pemimpin Redaksi KBR.
No comments:
Post a Comment